Tuesday 5 May 2020

Membedakan DS3 Asli dan Palsu Tanpa Bongkar

DS3 atau Dualshock3 adalah Controller yang dipakai untuk main game PS3, menggantikan controller sixaxis. Controller ini pertama kali dikenalkan pertama kali pada tahun 2007 pada acara Tokyo Game Show


Bagi sebagian orang membedakan stik PS3 original dan palsu memang tidak mudah apalagi kalau cuma lihat bagian luarnya (casing) saja. Karena itu ane kasih cara membedakan Stik PS3 yang OM dan OP tanpa bongkar casing

Istilah Stik OM atau Ori Mesin maksudnya stik keluaran Sony yang biasanya dijual satu paket saat pembelian mesin baru. Sayangnya saat ini sudah TIDAK ADA PS3 BARU, semua pasti second, bekas. Cuma tukang tipu dan penjual yang gak mau ribet yang bilang jual PS3 baru. Tapi kita juga gak bisa salahin penjual karena kadang banyak juga pembeli yang otaknya lemot jadi susah nangkep penjelasan dari seller sekalipun sudah dikasih garansi panjang.

Sedangkan OP atau Ori Pabrik biasanya digunakan oleh pedagang untuk menawarkan stik palsu tapi kualitas bagus. Beda lagi kalau stik KW itu biasanya kita tawarkan stik dengan grade paling rendah untuk kalangan kasta rendah, fakir dan kaum sudra. Wakak..  

Kualitas casing dan rupa stik PS3 kadang sulit dibedakan apalagi kalau sebelumnya tidak pernah lihat apalagi punya sendiri. Sedangkan minta bongkar stik di tokonya sekedar untuk lihat bagian dalam juga tidak mungkin. Mendingan kalau jadi beli, lha kalau gak kan ngeselin sampe kadang pingin rasanya berkata kasar dan meniup mukanya sampai basah.

Perbedaan signifikan Stik PS3 OM dan OP dalam pernainan ada pada sensor geraknya sehingga. Stik original (DS3) pasti punya sensor gerak sedangkan yang palsu tidak dari itu kita bisa bedakan keduanya dengan lebih dulu mencobanya untuk main game yang mendukung sensor gerak seperti GTA 5 atau mencobanya menggunkan Software Gamepad Tester

Cara Membedakan Stik PS3 Ori dan Palsu Menggunakan Software Gamepad Tester :
  1. Nyalakan PS3 dan Hubungkan Stik yang akan digunakan
  2. Pastikan Stik berfungsi sebagai controller player 1
  3. Jalankan Software Gamepad Tester
  4. Ayunkan Stik DualShock3 atas bawah dan kanan kiri
Jika angka di sebelah kiri layar (XYZG) berubah-ubah berarti itu DualShock3 original tapi kalau angka tidak brubah berarti palsu.


Karena kenyamanan dan fiturnya yang canggih, Stik PS3 original biasanya dijual mahal, kadang harganya dua kali lipat harga yang OP. makanya kalau dapat harga mahal tapi setelah ditest gak ada sensor gerak mendingan balikin aja  minta dituker. Kalau gak mau kasih ganti kencingi aja etalase toko. Puas, sama sama jengkel tapi tidak melanggar hukum Wakak..
close