Sunday 19 May 2019

Belajar Ngetik 10 Jari dengan Video Game

Kalau ada yang beranggapan bahwa video game itu sesuatu yang tidak bermanfaat dan mengganggu konsentrasi belajar, bisa dipastikan orang itu sejak kecil tidak pernah kesampaian beli console untuk main game. Maka kali ini pendapatnya kita patahkan dengan fakta. Weleh..


Tidak semua game bersifat merusak dan tidak selamanya juga belajar itu membosankan karena ternyata sudah banyak orang yang belajar secara menyenangkan dengan memanfaatkan video game. Salah satunya adalah Cara Belajar Mengetik 10 jari dengan Vidoe Game.

Salah satu game yang sering saya rekomendasikan untuk belajar ngetik 10 jari adalah game garapan Pop Cap judulnya Typer Shark. Game ini dirancang oleh Jason Kapalka yang kemudian release pada tahun 2003 untuk Platform Microsoft Windows. File berukuran kecil, tampilan juga sederhana tapi  gameplay bisa dibilang cukup addictive apalagi untuk yang memang ingin belajar ngetik.




Game ini bisa jadi sarana belajar yang cukup menyenangkan, sepertinya cocok juga dimainkan untuk kita yang sedang belajar membuat blog. Karena tidak mungkin membuat blog tanpa ngetik. Belajar ngetik pun kalau boring juga hasilnya kurang maksimal, Asal bisa ngetik juga sepertinya kurang afdhol, misalnya hanya memanfaatkan jempol saja kan pegel juga, itu jari bisa kapalan. Waxax..



Apa yang perlu disiapkan sebelum belajar ngetik 10 jari :

Yang jari tangannnya sebelas atau kurang satu karena pernah kejeblukan mercon tidak wajib baca artikel ini karena pasti tidak bisa ngetik 10 jari.

Bermain Typer Shark itu gampang gampang susah. Dimulai dengan panduan untuk menempatkan jari jari yang pas di atas keyboard, kemudian melatih untuk membiasakan jari satu persatu untuk menguasai beberapa tombol.  


Pada permainan utama kita cuma perlu ngetik apa yang tertulis pada tubuh ikan Hiu sesuai dengan huruf atau kata yang ditentukan. Waktu ngetik juga dibatasi dengangerakan Hiu mendekati karakter. Kalau ketikan tepat semua maka hiu akan mati sebelum brakot, tapi kalau telat atau salah terus maka karakter mati dan akan terdengar suara menyebalkan, Crot Crot Crot!


Finally, buat kamu yang punya orang tua tidak mau belikan komputer atau melarang main game dengan alasan bahwa game itu cuma merusak, coba deh suruh buka blog dan baca artikel ini. Semoga pemikirannya bisa berubah. Kasih tau juga bahwa belajar yang efektif itu kalau suasananya menyenangkan. Seperti kata banyak ahli pendidikan "belajar itu harus menyenangkan" makanya saya dulu kadang suka bolos karena sekolah pulang gasik itu menyenangkan. Ngoahaha..


Free  Game : Typer Shark Deluxe
close