Monday 18 March 2019

Cara check Apakah Komputer Kuat Menjalankan Game atau Tidak

Kesel rasanya kalau ada pelanggan datang bawa komputer atau laptop terus minta bantu install game tapi sebenarnya dia gak tau kalau komputer atau laptop itu tidak mampu untuk jalankan game yang diminta, misalnya yang lagi banyak diminta beakangan di tempat ane adalah GTA 5. Mau menjelaskan juga susah karena pelanggan belum paham tentang hardware dan spesifikasi komputer. Dibilang processor, RAM dan VGA gak kuat, dijawabnya sebagian game dan data yang lain dihapus saja. hadoooh... tambah pening mau menjelaskan.


Setelah mikir sejenak akhirnya ingat sama salah satu situs yang bisa bantu kasih penjelasan ke pelanggan tentang kekuatan komputer terhadap game, situs yang kasih Cara mengetahui Apakah Komputer Kuat Menjalankan Game atau Tidak. Ini semacam situs untuk scan hardware judulnya game-debate.

Di situs itu kita bisa mengetahui apakah komputer kuat untuk menjalankan GTA 5 atau tidak dengan cara yang ane jelaskan berikut:

  1. Visit Gamedebate
  2. Dari kolom pencarian ketik game yang ingin dimainkan (Misal GTA 5)
  3. Klik game yang dituju setelah muncul daftar game yang sesuai pencarian
  4. Scroll ke bawah pada Can I Run Grand Theft Auto V
  5. Kemudian pilih Processor (AMD atau Intel) dan Graphic sesuai pada komputer kita
  6. Klik Proceed
  7. Pada halaman selanjutnya pilih ram sesuai yang kita miliki
  8. Klik pada tombol Check Specs


Setelah itu akan muncul halaman yang menerangkan apakah komputer kita mampu atau tidak untuk jalankan game.

  • Kalau centang hijau semua berarti komputer bagus kuat untuk menjalankan game
  • Kalau merah berarti hardware gak kuat ada yang harus upgrade.
  • Kalau merah semua siapin cermin, ngaca deh.. wkwk..



Dengan tau kemampuan komputer, kita bisa sedikit bantu meringankan beban pikiran penjual game atau setidaknya bantu tukang install game, Jangan komputer jadul minta minta install game berat lah, apalagi maksa suruh coba install dulu, udah gitu kalau gak jalan gak mau bayar kan kasihan, sekaligus belajar jadi orang yang tau diri lah... Wakak..
close