Sunday 17 March 2019

Cara Check Kerusakan pada Keyboard Laptop tanpa Alat dan Software

Keboard pada laptop meskipun fungsinya sama dengan keyboard pada koputer desktop tapi desain dan posisinya beda, sehingga kalau terjadi kerusakan pada tombolnya tidak bisa seketika kita ganti dengan mudah seperti pada PC. Bisa dibilang butuh pengalaman dan sedikit keberanian untuk sekedar bongkar keyboard pada laptop karena kalau tidak hati-hati casing bisa pecah. Sebab itu sebelum memutuskan untuk ganti keyboard atau cukup diperbaiki ada baiknya keyboard diperiksa dulu.


Kali ini ane share cara periksa keyboard laptop tanpa bongkar casing tanpa install software khusus. sehingga bisa dilakukan siapapun pemilik laptop tanpa takut akan resiko kerusakan baik pada hardware maupun software karena pemeriksaan keyboard tidak butuh alat untuk congkel casing ataupun software yang ada pengaruh buruk pada kinerja windows.
Mungkin sempat heran juga bagaimana bisa check kerusakan keyboard tanpa bantuan alat dan software khusus. tapi begitulah ane juga baru ketemu cara ini ternyata sekarang lebih mudah dengan browser dan koneksi internet kita sudah bisa tau tombol mana yang tidak berfungsi atau mungkin ada tombol yang manjer. halah.. apa sih bahasa indonesia-nya manjer?

Tanpa lebih banyak kata langsung saja, gan. Begini caranya :
  1. Buka browser internet
  2. Pakai mouse klik situs keyboard tester
  3. Kemudian klik Launch The Tester
  4. Setelah muncul jendela baru kita bisa mulai check tombol satu per satu

Note :
Pada jendela yang baru akan nampak warna tombol berubah menjadi hijau setelah kita tekan tombol yang sesuai. Jika tidak berubah warna berarti tombol pada laptop tidak berfungsi atau mati
Pada jendela tester akan nampak warna merah apabila ada tombol pada kerboard laptop yang manjer


Dengan begitu mudah sekali untuk mengetahui tombol mana yang bermasalah atau tidak berfungsi dengan baik, sehingga kita juga bisa menentukan untuk servis atau sebaiknya keyboard diganti saja kalau kerusakan dirasa parah.

Bagaimana kalau laptop tidak bis terhubung ke internet?
kebangetan lah.. Wakak.. tapi tenang gan, masih ada cara untuk periksa keyboard menggunakan software khusus, sehingga tanpa koneksi intenet tetep bisa dilakukan. mungkin lain waktu dan halaman ane bikin tutorialnya

Thanks..
close