Thursday 10 December 2020

Mengatur Putaran Kipas PS3 via Webman

PS3 sekarang tidak ada lagi yang baru, umurnya sudah semakin tua sehingga kebanyakan mulai ngos-ngosan, dan karena beberapa sebab gampang kepanasan bahkan ada juga yang sampai auto shutdown karena overheat.


Salah satu cara mengatasi temperatur yang berlebihan di dalam PS3, selain dengan membersihkan lubang di sekitar casing adalah membuang udara panas lebih cepat dengan mengatur kecepatan kipas menggunakan Webman Mod

Tutorial ini sebenarnya sudah pernah ane tulis pada artikel Cara Cek Suhu PS3 tapi supaya lebih mudah dicari ane buat lagi terpisah. 

Untuk pengguna PS3 HEN ane rekomendasi wajib pakai Webman Mod terbaru (versi 1.47.31) demi mengurangi resiko trouble pada PS3. Setelah Webman terinstal dan aktiv kita bisa atur putaran kipas PS3 sesuai keperluan. Berikut ini step by step Cara Mengatur Putaran Kipas PS3 :
  1. Dari XMB masuk Webman - Webman Setup
  2. Centang pada Dynamic Fan Control - Agar kipas bekerja otomatis
  3. Auto at isi 69 (terserah) - artinya kipas mulai dipercepat pada suhu 69'.
  4. Save, kemudian Click here. (tekan X  pada tulisan "here")
  5. PS3 akan restart. Selesai



Note :
Angka-angaka bisa disesuaikan dengan kondisi, misal kalau di daerah panas bisa diatur 50 supaya putaran kipas dipercepat lebih awal, meskipun suara jadi bising tapi mesin lebih aman. sedangkan untuk ruangan AC atau daerah dingin bisa dinaikan 69 dsb. Silahkan dicoba-coba.

Kalau kurang jelas mungkin dengan lihat video di bawah bisa lebih membantu




Dengan webman terinstal di PS3 kita bisa Cek Suhu / Temperatur CPU dan RSX saat main game dengan cara berikut:
  1. Tekan tombol PS / Home
  2. Tekan dan tahan tombol START dan SELECT

Kalau tidak sedang main game atau di XMB bisa langsung tekan START dan SELECT nanti di sudut kanan atas akan tampil suhu dari CPU dan RSX PS3.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman gamer. Jangan lupan bantu support ane dengan share artikel atau blog ini ke teman yang lain. 

Thanks..
close