Wednesday 8 April 2020

Controller PS5 Bernama DualSense

Sony baru saja memamerkan produk terbarunya, sebuah controller untuk PS5 bernama DualSense yang konon dirancang untuk membuat pengguna merasakan controller ini sebagai "kepanjangan tangannya" saat bermain game


Desain DualSense ini kabarnya merupakan hasil dari konsultasi antara Sony dengan pihak pengembang dan sudah melalui ujicoba oleh banyak gamer dengan ukuran tangan yang berbeda-beda sebelum ditentukan jadi desain final.

Berbeda dengan controller PS generasi lalu, saat pandangan pertama yang akan kita lihat pada DualSense ini terdapat dua warna bagian depan dan belakang (dual tone), dan ukuran yang sedikit lebih besar dibanding DS3 dan DS4 meskipun katanya DualSense ini diklaim akan tetap nyaman digenggam oleh orang yg berbeda.


Selain desainnya yang baru DualSense memiliki lebih banyak tombol standard dibanding DS4. Akan ada tombol adaptive seperti yang pernah ane ulas sedikit pada artikel sebelumnya. Selain itu tombol share yang ada di kiri atas akan digantikan dengan tombol Create yang meiliki fungsi lebih banyak. Tombol triger juga mengalami perubahan sudut supaya lebih mudah dijangkau sehingga walaupun secara keseluruhan DualSense ini lebih besar tapi tombo triger tetap mudah dijangkau jari.

Lightbar yang semula ada di bagian depan DS4, pada DualSense akan dipindahkan ke samping touchbar. Selain mempercantik penampilan posisi lightbar di kanan kiri ini juga diklaim bisa membuat kesan touchbar nampak lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Pada bagian konsumi daya batre, Sony juga sudah memikirkan supaya DualSense ini tidak menguras tenaga meskipun menggunakan teknologi terbaru.

Secara keseluruhan teknologi yang dipakai DualSense masih mirip dengan DS4, hanya saja pada controller baru ini Sony menambahkan microphone tertanam di dalamnya sehingga memungkinkan pengguna untuk chat tanpa headset. Selain itu Sony juga mengadopsi teknologi haptic feedback yang membuat kita bisa merasakan perbedaan kendali  seperti misalnya saat nyetir mobil di atas aspal lalu tiba-tiba nyebur ke lumpur

Melihat desainnya yang berkesan punya banyak ruang kosong, flat dan smooth, ane jadi berimajinasi kalau nantinya DualSense ini akan keluar bemacam variasi warna, custom dan special edition lengkap dengan logo dan sticker game keren



Source Playstation Blog
close