Thursday 2 April 2020

Cara Instal HFW 4.86.1 ke PS3 Slim dan Super Slim

Sejak kemunculannya Hybrid Firmware atau HFW jadi lebih populer dibanding OFW karena mendukung Xploit. Memungkinkan instal HAN dan HEN sehingga PS3 jadi mirip CFW, terdapat menu Package Manager dan bisa instal Homebrew.


Proses instal HFW sebenarnya sama saja dengan CFW hanya beda file PS3UPDAT.PUP yang digunakan. Format flashdisk, nama folder dan nama fiule sama. Jadi untuk yang biasa instal CFW, tutorial ini gak perlu lagi dibaca


OFW bisa langsung update dari PS3 seketika terhubung ke internet sedangkan HFW ini beda karena didesain untuk memblokir update system secara otomatis. Sampai sekarang untuk Update HFW atau instal harus secara manual, mengikuti langkah berikut:
  1. Download HFW terbaru (4.86.1)
  2. Siapkan Flashdisk atau HD External format FAT32
  3. Di dalam Flashdisk buat Folder dengan nama PS3
  4. di dalam folder PS3 buat lagi folder UPDATE
  5. Copy file PS3UPDAT.PUP dari komputer
  6. Paste file PS3UPDAT.PUP ke folder UPDATE di flashdisk
  7. Colok Flashdisk ke PS3.
  8. Nyalakan PS3 masuk ke Setting - System Update.
  9. Pilih Update via storage 
  10. Klik next atau yes kalo ada pilihan yes / no
  11. Tunggu selesai sampai PS3 mati dan restart 
Supaya bisa terdeteksi oleh PS3 pastikan urutan dan folder sudah benar, file update harus bernama PS3UPDAT.PUP tidak boleh ada extensi lain atau ganda.

PS3 yang sudah terinstal HFW tampilannya sama persis dengan OFW sampai instal HAN untuk munculkan menu Package Manager dan Instal HEN supaya bisa instal dan menjalankan Homebrew seperti multiman, Webman dsb.

Download HFW 4.86.1
close