Wednesday 1 January 2020

Saran Beli PS3 yang Bagus tahun 2020

Pergantian tahun bagi sebagian orang sering kali dijadikan waktu tepat untuk membeli barang yang sebelumnya tidak dimiliki. PS3 misalnya, sampai saat ini masih menjadi salah satu mesin game yang jadi incaran jomblowers meskipun bukan barang baru lagi


Di sini ane kasih tips beli PS3 yang bagus tahun 2020 biar gak menyesal. Ada beberapa orang yang ngeluh karena baru beberapa hari PS3 dipakai kemudian rusak atau kecewa PS3 tidak bisa dipakai online karena sama sekali belum tau Cara Memilih PS3 .

Secara singkat Cara Milih PS3 itu sekarang begini:
  • Gak ada PS3 baru sekarang, semua PS3 pasti seken jadi gak ngaruh beli di toko atau user yang penting lihat kondisi. Kalau mulus dan normal angkut!
  • Hindari PS3 tebal karena tua dan pasti lebih boros listrik dibanding model lainnya. Kebanyakan sudah penyakitan
  • Untuk yang suka main online pilih PS3 Super Slim karena OFW jadi aman. Selain itu lebih hemat listrik sehingga juga tidak cepat panas
  • Untuk yang suka koleksi dan  coba banyak game pilih Slim CFW (dengan harddisk besar 500GB atau lebih). Instal game bisa lebih mudah dan lebih gurih karena CFW. Cuma kurang aman utk main online
  • Kalau bisa, sebelum beli coba untuk main game berat seperti GTA 5 setengah jam, cek temperatur (tekan select dan start di XMB nanti akan muncul) normalnya di bawah 70'
  • Hindari PS3 yang dipakai sebentar kipasnya sudah terdengar bising, selain kurang nyaman biasanya itu karena panas 
  • Cari penjual yang berani kasih garansi meskipun cuma 24 jam untuk memastikan PS3 normal saat dipakai main game. Kalau dipakai 12 jam masih tahan, temperatur normal (dibawah 70') biasanya PS3 aman sampai tahunan.

Kalau keterangan di atas dirasa kurang ane kasih tambahan sedikit lebih detail tentang PS3 berdasar modelnya. Seperti memilih gadis idaman, dari model atau bentuk fisiknya saja sebenarnya kita juga bisa Membedakan PS3 yang Baik. Sejak kemunculannya ada tiga model PS3 yang dijual untuk retail yaiu PS3 Tebal, PS3 Slim dan PS3 Super Slim. Setiap model mempunya kekurangan dan kelebihan masing-masing


Playstation 3 Fat
Ps3 keluaran pertama ini ibarat perempuan gendut, pemboros karena konsumsi daya listrik besar. Coba deh baca Perbandingan konsumsi daya PS3 fat vs PS3 Slim. PS3 fat sudah gampang sakit-sakitan kena panas tinggi dan dimakan umur, udah gitu bising banget suara kipasnya kayak emak-emak cerewet. Menurut ane cukup banyak kekurangan PS3 tebal sehingga gak pernah mau beli type ini bahkan sejak awal kenal dulu. Tapi kalau ada yang suka gembrot ya monggo karena bagaimanapun selain harga pasti lebih murah PS3 Fat ini tetep ada kelebihan yaitu berat badan. Wakak..


Playstation 3 Slim

Model ini ada 3 seri yaitu seri 20xx 25xx dan seri 30xx. Dari kekuatan hardware ketiganya bisa dibilang mirip mirip cuma saja karena merupakan keluaran awal model slim dan lebih tua untuk seri 20xx suara kipas biasanya lebih bising karena temperatur mesin biasanya juga lebih panas dari seri 25xx atau seri 30xx meskipun seri 25xx dan 30xx juga banyak yang bising karena kurang perawatan.

PS3 Slim seri 20xx yang beredar di sini bisa dibilang pasti CFW. (kecuali salah update jadi OFW) sehingga untuk isi game bisa mudah dan murah

PS3 Slim seri 25xx sebagian CFW sebagian lagi OFW. Bagi sebagian orang seri 25xx yang CFW ini jadi mesin idola dan banyak diburu (mungkin sampai sekarang) karena konon merupakan PS3 CFW termuda. Ibaratnya gadis semok yang paling cerdas tapi lahir paling akhir sehingga masih sehat. Itu pun akan tinggal cerita karena seri 25xx yang penyakitan juga ada, meskipun yang kondisi prima juga banyak disimpen sama penggemar.

PS3 Slim seri 30xx bisa dipastikam semuanya OFW. Merupakan generasi terakhir / termuda model slim sehingga kebanyakan hardwarenya saat ini masih dalam kondisi baik. Penampilan sangat mirip dengan seri 20xx dan 25xx perbedaan yang mudah dilihat pada logo PS dicetak di atas BD tray, tombol eject dan tombol power berwarna lebih gelap dari yang ada pada PS3 seri sebelumnya.


Playstation 3 Super Slim

Selain paling muda di antara temannya, penampilan pun menawan, bentuk tubuhnya ramping, asik diajak kemana-mana, pandai berhemat karena konsumsi listrik lebih kecil, gak gampang sakit kepanasan. Jadi bisa dibilang PS3 Super Slim ini mirip gadis idaman. Cantik, pinter cari duit, dan pandai berhemat tapi gak minta mahar banyak. Weleh.. Kekurangan Super Slim ini karena pasti OFW jadi meskipun sekarang sudah ada HEN, bisa isi game satuan mirip CFW tapi tidak semua game CFW bisa jalan sama dia. Jaim banget dan suka pilih-pilih gitu lah..


Karena sudah ada HEN (Homebrew Enabler) soal CFW atau OFW gak usah terlalu dimasalahkan. Bisa dikata cuma beda dikit lah meskipun CFW tetep masih lebih unggul dalam beberapah hal. Biar gak ribet anggap saja cuma beda C dan O.



close