Thursday 25 July 2019

Cara Membuat Mod Loader GTA 5 PS3

Main GTA 5 di PS3 memang terasa lebih wow kalau menggunakan mod. Apalagi kalau Mod Loader menggunakan nama unik sesuai kemauan sendiri. Misalnya pakai nama rental atau bisa juga nama mantan. Itung-itung promo atau sekedar untuk wah-wahan.


Kali ini ane share Cara Bikin Mod GTA 5 sendiri. Selain bisa pakai nama unik seperti nama toko atau rental sendiri, nantinya warna, font, tampilan Mod Loader dan nama pada tiap menu juga bisa di-custom sesuai selera sehingga mod terasa bener khas suka suka gue.

Untuk membuat Mod Loader yang kita perlukan adalah :
Hardwares
  • Komputer atau Laptop
  • dan tentu saja PS3 (CFW)
Di sini ane sarankan pakai PS3 CFW karena punya lebih banyak fitur dan kemudahan dibanding PS3 OFW. Pada PS3 CFW Proses transfer file dan untuk menjalankan Mod Loader lebih mudah.

Softwares
File update rpf bisa dapat dari download di nternet atau copy dari folder USDIR di dalam folder game GTA yang ada di dalam harddisk internal PS3 via multiman atau langsung dari PS3 ke komputer via FTP
File mod / script yang ane kasih pada link di atas cuma sample saja, untuk file mod lebih banyak bisa dapat dari googling, download dari situs nextegenupdate atau extrak dari mod yang lain (pass: quikgame.blogspot.com)

Di bawah ini adalah tampilan software Mod Loader maker. Asal ngerti bahasa inggris, Nanti juga gampang kalau sudah instal dan buka di komputer. Jadi gak usah dipikir dulu kalau belum download dan menjalankannya di komputer, pasti puyeng. 


Saran ane setelah download software Mod Loader Maker, update.rpf dan file script sebaiknya diletakkan dalam satu folder misalnya bikin folder di desktop dan kasih nama "Mod Loader Project" atau "Bikin Mod Sendiri" untuk memudahkan proses bikin Mod GTA 5. Setelah itu baru mulai langkah bikin Mod Loader dengan nama sendiri :
  1. Buka Software Mod Loader Maker
  2. Kasih nama Mod Loader yang unik sesuai keinginan pada kolom "Title" di sebelah kanan
  3. Pada kolom "Opening Binds" tentukan tombol yang akan dipakai untuk buka Mod Loader di PS3 (misal : L3 + R3)
  4. Pada Bagian Display Name ketik nama mod yang akan ditampilkan, boleh ngarang atau sesuai nama aslinya. Misal pakai nama "Jaran Goyang" atau "Dark Horse" supaya mudah diingat
  5. Pada kolom "Script Name" ketik sesuai script. Sebagi contoh "krank1"
  6. Pada kolom Button1 dan Button2 juga isinya harus nurut sama ketentuan pembuat script supaya mod bisa bekerja saat tombol stik PS3 ditekan. misalnya untuk Dark Horse ini pakai combo L1 + R1
  7. Stack Size isi saja dengan angka 2024
  8. Warna banner tulisan dan lain lain bisa disesuaikan dengan cara geser tombol RGB yang ada di kanan
  9. Setelah dirasa cocok klik tombol generate dan save ke folder yang tadi dibuat. Setelah itu akan muncul dua file baru bernama ModLoader.xsc untuk XBOX dan ModLoader.csc untuk PS3

Karena kita bikin mod loader untuk GTA 5 di PS3 supaya tidak bingung file ModLoader.xsc ditaruh tempat lain saja atau delete.

Sampai di sini scrip selesai dibuat. Langkah selanjutnya adalah import File ModLoader.csc dan file lainnya ke dalam file update.rpf menggunakan Software Liberty V.
close