Thursday 4 April 2019

Cara Memperbaiki Laptop Windows 7 yang Error menggunakan Fitur System Restore

Hari ini ane kedatangan tamu bu guru cantik yang sejak pagi sudah kirim pesan lewat WA mau datang ke rumah. Dia bawa latop yang sudah bolak balik ke tempat ane, seperti biasa dan sudah ane duga katanya Laptop lemot.


bahkan pas ane check ternyata tidak bisa masuk ke menu Desktop Windows. Ketika sudah bisa masuk ke Windows beberapa aplikasi dan foto tidak bisa dibuka, kalau pun bisa dibuka prosesnya makan waktu sangat lama. Singkat kata terjadi kerusakan pada system


Karena kata bu guru ada banyak file penting di drive C dan ane belum kepikiran untuk backup data ke harddisk lain, maka ane ambil langkah untuk Memperbaiki Laptop Windows yang Error Tanpa Instal Ulang. Biasanya beberapa hari atau beberapa bulan secara otomatis windows membuat backup System. karena itu ane coba dulu untuk Restore system, mengembalikan seting Laptop / Windows sama seperti keadaan waktu sebelum eror. Caranya begini gan :

1. Kalau masih bisa masuk ke Windows dan membuka Start menu 
  • Nyalakan Laptop dan biarkan sampai Desktop menu
  • Klik Start Menu di kiri bawah
  • Pilih All program
  • Pilih accessories
  • Pilih System Tools
  • Pilih System Restore
  • Pilih tanggal sebelum laptop Error
  • Pilih Next
  • Tunggu Proses Restore File selesai, Laptop restart dan nyala lagi

Untuk lebih jelasnya bisa lihat video yang ada di bawah. jangan lupa bantu subscribe Channel ane supaya tambah semangat bikin tutorialnya ya, gan


2.Kalau komputer tidak bisa masuk Windows
  • Nyalakan Laptop lalu tekan berulang tombol F8
  • Kalau sudah berhasil masuk ke recovery menu pilih Safe Mode
  • Tunggu sampai Windows sampai menu Desktop pada Safe Mode 
  • Klik Start Menu di kiri bawah
  • Pilih All program
  • Pilih accessories
  • Pilih System Tools
  • Pilih System Restore
  • Pilih tanggal sebelum laptop Error
  • Pilih Next
  • Tunggu Proses Restore File selesai, Laptop restart dan nyala lagi

Setelah melewati proses di atas Windows bisa normal lagi, karena memang sama sekali tidak ada kerusakan pada hardware / perangkat keras Laptop seperti chipset, harddisk, ram dsb.

Selesai Restore System ane siapin teh hangat untuk bu guru, supaya mau sedikit berlama-lama di rumah ane. Supaya bisa diajak sedikit cerita tentang foto-foto yang ada di dalam harddisk dan sedikit cerita tentang masal lalu, soalnya waktu masih gadis bu guru ini pernah akrab sama ane. ehem..

Segitu aja gan ceritanya, gak usah pada kepo. yang penting laptop bisa dipake kerja lagi. Bantu doa saja semoga kapan-kapan laptop bu guru error dan balik  lagi wkwk...
close