Monday 11 March 2019

Cara Update Firmware PS3 Super Slim (OFW)

Firmware adalah software yang dirancang khusus untuk sebuah perangkat sehingga memungkinkan hardware bekerja sesuai keperluan. Misalnya Firmware PS3 itu dirancang supaya bisa menjalankan game sesuai perintah gamer melalui stik.


Supaya bisa bermain online Sony mengharuskan pengguna untuk update firmware ke versi terakhir (saat ini 4.85). Karena kalau tidak update maka PS3 tidak bisa sign-in ke Playstation Network (PSN) sehingga tidak bisa main game online.


Pada PS3 Slim seri 3xxx dan Super Slim, cara update OFW 4.85 paling mudah adalah:

  1. Menghubungkan PS3 ke internet 
  2. Masuk ke Menu setting
  3. Pilih System Update
  4. Pilih Update via internet  
Setelah itu PS3 akan secara otomatis download dan instal firmware terbaru (4.85). Ukuran file OFW 4.85 ini tidak terlalu besar, hanya sekitar 190 MB jadi tidak perlu terlalu kuatir nguras duit. Pastikan kuota cukup dan internet stabil supaya proses download tidak putus dan file korup karena bisa bikin PS3 jadi bermasalah.

Selain cara di atas, bisa juga Cara Update Firmware PS3 OFW offline, pada saat update PS3 tidak terhubung ke internet. Langkahnya sama seperti update CFW hanya beda file firmware yang digunakan.

  1. Download Official Firmware PS3 4.85
  2. Siapkan Flashdisk atau HD External dengan format FAT32
  3. Di dalam Flashdisk buat Folder dengan nama   PS3
  4. di dalam folder PS3 buat lagi folder UPDATE
  5. Copy file PS3UPDAT.PUP dari komputer
  6. Paste file PS3UPDAT.PUP ke folder UPDATE di flashdisk
  7. Colok Flashdisk ke PS3.
  8. Nyalakan PS3 masuk ke Setting - System Update.
  9. Pilih Update via storage 
  10. Klik next atau yes kalo ada pilihan yes / no
  11. Tunggu selesai sampai PS3 mati dan restart 

Supaya bisa download lebih cepat dan menghindari file korup karena koneksi internet yang tidak stabil, ane sarankan sedot file  pakai download manager.

File update yang original ini tentu saja bisa disedot secara gratis, makanya ane kadang heran ada firmware yang dijual. Yang bikin ane lebih heran lagi ternyata mahal dan ada yang mau beli.
close