Monday 13 April 2020

Cara Ganti Nama Webman di XMB PS3

Webman adalah software PS3 yang banyak dipakai user untuk load game, cek suhu PS3, atur kecepatan kipas dan ganti CID atau unbanned PS3. Selain bisa Ganti Icon juga bisa diganti namanya sesuai kemauan dengan mudah.


Untuk ganti nama Webman jadi nama toko atau "Daftar Game" gak pake beli, kita hanya perlu sedikit edit tulisan yang ada pada file LANG_EN.TXT. File ini ada di dalam harddisk internal PS3 folder dev_hdd0/tmp/wm_lang.




Pada gambar di atas ane Ganti nama WebMan jadi PS3 Game Manager plus Ganti icon Webman seperti yang pernah ane share pada artikel sebelumnya.

Yang diperlukan untuk edit nama Webman adalah :
  • Komputer atau laptop
  • Software Notepad ++
  • Koneksi dari PC ke PS3
Koneksi bisa menggunakan kabel LAN atau supaya praktis pakai WiFi saja untuk Memindahkan File dari PS3 ke komputer atau sebaliknya via FTP

Untuk memindahkan file LANG_EN.TXT dari PS3 ke PC (viceversa) bisa juga menggunakan flashdisk dengan bantuan Multiman File Manager.

Cara Edit Nama Webman :
  1. Copy file LANG_EN.TXT dari PS3 ke PC
  2. Jalankan Software Notepad++ 
  3. Buka File LANG_EN.TXT
  4. Edit tulisan "webMAN Games" jadi "Daftar Game" atau apa saja, 
  5. Klik Save untuk menyimpan perubahan
  6. Kembalikan file ke folder dev_hdd0/tmp/wm_lang.
  7. Restsrt PS3
Setelah itu nama Webman akan berubah jadi "Daftar Game" atau sesuai yang kita edit di notepad. Bisa pakai nama Toko, Rental, atau nama anak gadis tetangga


Kalau mau sebenarnya bisa saja kita ubah seluruh text yang ada tanpa masalah, termasuk tulisan yang muncul saat PS3 dinyalakan. Yang semula "Webman Loaded" bisa diubah jadi "Toko Gue OK!" atau jadi "Jangan Maling Software!"  atau "Assalamualaikum..". dan sebagainya. Suka suka ente pokoknya asal jangan pakai kata-kata kotor..


close