Monday 6 January 2020

Cara Ganti NAT Type pada PS3 dan PS4

Network Address Translation (NAT) adalah kemampuan pada router menterjemahkan IP address publik ke dalam IP address private dan sebaliknya. Juga berfungsi menambah keamanan dengan menyembunyikan IP private dari dunia luar.


Kita yang sering main GTA online di PS3 dan PS4 atau juga Xbox pasti pernah ngalami kesulitan untuk join ke public session dan serasa jadi gelandangan di Los Santos, ternyata yang biasa jadi sebab itu karena dapat NAT type 3

  • NAT type 1 artinya mesin game kita terhubung langsung ke internet sehingga dengan kondisi ini seharusnya tidak akan ada masalah untuk main online. 
  • NAT type 2 artinya PS3 terhubung ke internet melalui barrier, semacam penghalang, atau sebuah router tapi tidak ada kendala untuk bermain online. 
  • NAT type 3 berarti console terhubung ke internet melalui barrier atau router tapi ada masalah sehingga kesulitan untuk terhubung ke PS3 lain, tidak bisa melakukan komunikasi suara atau pun video apalagi join public session.

Kondisi kadang bisa berubah misal kemarin dapat NAT type 2, dipakai online lancar tapi kemudian tiba-tiba mati lampu atau gara-gara ngegame sampai lupa beli micin terus router mampus diinjek sama emak lu, hari ini cuma dapat NAT type 3, gak bisa join public session itu hal biasa, gak usah heran.



Seumur-umur ane juga belum pernah dapat NAT type 1 lantaran di rumah ane pakai router wireless dari indihomo untuk menghubungkan PS3 ke internet, tapi dapat NAT type 2 itu menjadi wajib kalau mau main GTA online. Kalau saat dilakukan internet connection test cuma dapat NAT Type 3 ya harus segera diubah supaya dapat NAT type 2. 

Gampang caranya : Reset Router

Mematikan router bisa dengan tekan tombol power, biarkan beberapa detik baru nyalakan lagi. Kalau gak sabaran bisa juga dengan cabut kabel adaptor lalu tancep lagi. Setelah router siap / indikator internet kedip-kedip coba lakukan Connection Test  lagi di PS3 atau PS4. Kalau sudah dapat NAT type 2 ya udah lanjut online bro, tapi jika masih dapat NAT type 3 terpaksa reset lagi. Seupama seharian tetep gak bisa dapat NAT type 2 mending lupain niat main game online, kencingi router, terus bobok


Source page : manuals.playstation.net
close