Friday 31 May 2019

Cek Kecepatan Load Blog dengan Pagespeed insight

Semua orang tidak suka dengan blog yang lemot, lambat pada saat menampilkan informasi berupa teks dan gambar. Apalagi kalau tampilan blog itu terlalu banyak widget dengan penataan yang berantakan. Udah lemot berantakan juga, kan suram.


Orang suka blog yang bisa loading cepat pada perangkat genggam dan desktop, tapi juga bukan blog yang polos. Minim widget dan gambar pun tidak jamin blog bisa load cepat. Karena itu kita butuh tools yang bisa mengukur kecepatan sekaligus kasih saran untuk memperbaikinya.


Sesuai judul di atas kita akan Check Kecepatan Load Situs menggunakan Google Pagespeed Insight, sebuah tool gratis dari Google untuk membantu publiser menganalisa dan sekaligus memberikan saran bagaimana mengoptimalkan kecepatan blog supaya tidak lambat dan bikin visitor males. Dalam penggunaanya kita cukup memasukkan alamat blog atau situs kemudian klik tombol Analyze. Secara otomatis tool ini akan menampikan angka dari 0 sampai 100 untuk menilai kecepatan loading sebuah situs. Semakin besar angka berati semakin bagus, blog bisa dimuat dengan cepat dan efisien, tidak menguras kuota internet visitor. Kalau angka semakin kecil berarti payah, ada yang salah dengan blog dan kemungkinan besar akan ditinggalkan. Visitor kapok dan gak balik lagi.

Selain harus tetap membuat konten atau artikel yang berkualitas dan bermanfaat, menurut ane penggunaan tool ini sangat bermanfaat untuk membantu proses membuat blog yang lebih baik sehingga lebih berpotensi menjaring visitor. Percuma bikin blog yang gemerlap kalau ternyata berat dan lambat karena orang berkunjung ke blog itu tujuannya untuk secepat mungkin menemukan informasi yang diperlukan bukan mau lihat-lihat gambar saja.

Link to Pagespeed Insight
close