Sunday 20 January 2019

Cara Convert Partisi Harddisk GPT ke format MBR

Tidak bisa kembali ke Windows 7 setelah install windows 10, Biasanya itu yang bikin orang cari dan baca artikel ini. Karea sudah setres berat gagal terus saat proses install windows 7, Harddisk tidak bisa diformat akhirnya nyelem. Sama persis ane dulu waktu ada pelanggan bawa laptop windows 10 tapi karena kurang familiar, gak paham, males karena tidak terbiasa dengan Windows 10 akhirnya minta install ulang Windows 7 saja, 


Semangat banget disuruh install ulang laptop apalagi yang datang ini mbaknya cantik. cleguk.. Ane pikir gampang lah, seperti biasa tinggal install Windows 10 pakai flashdisk paling beberapa menit juga selesai. Anjeeer.. gak taunya selalu metok saat proces mau bikin partisi harddisk. Tak seindah paras pemilik laptop. halah.. maksudnya tak semudah yang dibayangkan, baru ingat kalau ternyata Windows 7 tidak mendukung format harddisk GPT, jadi ane harus convert dulu ke MBR.

Kali ini karena ane males mau bongkar casing laptop untuk convert dari GPT ke MBR dengan bantuan software di komputer lain maka setelah tanya ke mbak cantik tidak ada data penting yang mau di-backup dulu, jadi ambil langkah cepat saja dengan resiko semua data yang ada di harddisk ilang semua. Ehehehehe... saya tidak punya beban masa lalu, jadi lebih enak dalam bekerja.

Sekalian backup otak yang rada terbatas, ane share saja Cara Convert Partisi Harddisk GPT ke format MBR sebelum install Windows 7. Langkahnya begini, gan :
  1. Install windows seperti biasa sampai masuk ke halaman ketiga. 
  2. Pada halaman ketiga buka command prompt dengan menekan tombol SHIFT + F10. 
  3. Setelah muncul command prompt Ketik DISKPART kemudian tekan ENTER
  4. Ketikkan list disk (untuk menampilkan partisi harddisk). Tekan enter
  5. Ketik select disk 0 tekan enter
  6. Ketik clean tekan enter lagi
  7. Ketik convert gpt kalau mau ubah harddisk ke GPT
  8. Berhasil. Selanjutnya kita bisa tutup command prompt 
  9. Lanjut install windows 7 seperti bisanya.
Ingat boss, dengan cara ini semua data yang ada di harddisk akan dimusnahkan, lenyap tinggal kenangan seperti kisah ane bersama pemilik laptop. haiyyah..

Ada cara lain Convert harddisk dari GPT ke MBR tanpa kehilangan data, next time ane usahakan untuk share juga. Semoga bermanfaat, Support Blog ane ya gan..
close