Monday 3 December 2018

HD Sentinel untuk Check Kondisi Harddisk

Kalau PS3 untuk main game semisal GTA 5 loadingnya sudah lebih lama dari biasanya, atau pada saat naik kendaraan gambar gedungnya telat muncul itu biasanya pertanda ada masalah dengan harddisk dan sudah waktunya check kondisi harddisk.


Tutorial ini berlaku untuk semua type harddisk, SATA dan IDE. Harddisk PS2 PS3 PS4 PC dan laptop, mesin fotocopy. apa saja lah.. kalau pasanganmu ternyata ada harddisk di dalamnya juga sesekali perlu di check itu otakmu. Masa kawin sama robot. wkwk

Untuk check Harddisk, lepas dulu harddisk dari PS2, PS3, PS4, Laptop atau perangkat apapun.
Kemudian kita akan membutuhkan :
  • Sebuah komputer atau laptop dengan OS Windows.
  • Kabel SATA atau kabel IDE atau R-Drviver atau Adapter SATA to USB.
  • Software Harddisk Sentinel yang terinstall ke Komputer atau Laptop
Langkahnya adalah :
  • Download dan install Software Harddisk Sentinel
  • Menghubungkan harddisk dengan kabel atau perangkat yang sesuai, misal untuk harddisk IDE kita butuh kabel IDE, atau R-Driver, sedangkan untuk harddisk SATA kita butuh kabel SATA untuk menghubungkan harddisk ke PC, atau menggunakan adapter SATA to USB utk menghubungkan harddisk ke Laptop.
  • Setelah harddisk terhubung ke komputer / laptop, berikutnya menjalankan software Harddisk Sentinel, dari Windows nanti bisa terlihat persentase untuk performa dan kesehatan dari tiap harddisk. seperti terlihat pada gambar

penampakan di desktop komputer ane

Dari situ kita jadi bisa tau selanjutnya harddisk mau diapakan. kalau masih bagus bisa pasang lagi, tapi kalu sudah kurang sehat sebaiknya diganti dengan yang bagus dan yang bekas dijual sebelum mati total. Sedikit bocoran, biasanya harddisk yang sudah lemot di PS3 masih normal untuk dipasang jadi HD External PS2 dan bertahan lama. Alasannya karena PS2 tidak butuh transfer data kecepatan tinggi. Bagusnya lagi, kebanyakan pengguna PS2 taunya cari Harddisk murah. Maklum kalangan gamer low end, atawa gamer kismin. Doh!

Download : Harddisk Sentinel

Thanks for visiting my site
close