Monday 3 December 2018

Cara Menghubungkan Laptop ke Internet menggunakan HP Android

Tarif internet sudah makin murah jadi kadang rasanya gak puas kalau akses web menggunakan layar HP pinginnya pakai Laptop atau Komputer desktop, kadang malah pakai monitornya TV LED yang 32inch. Wakaka.. Yang jadi kendala biasanya tidak ada jaringan WiFi atau Hotspot, apalagi yang gratis. Solusinya adalah Menghubungkan Laptop atau Komputer ke Internet menggunakan HP Android, karena setau ane semua smartphone sudah ada fitur USB, maka cara connect yang paling mudah dan murah adalah menggunakan kabel USB atau disebut USB Tethring 


Sempat heran juga ada teman yang mau download file untuk komputernya tapi harus download dulu ke HP baru kemudian dipindahkan ke flashdisk. Ada juga sempat baca di grup PS3 yang mau download file update Game PS3 harus download dulu ke HP, kemudian pindah ke komputer, baru bisa taruh ke flashdisk kemudian install ke PS3. Kan muter muter muter itu. Mau ketawa takut dosa. Kemudian ada yang jawab suruh pakai USB tethring, jawaban teman kita itu menginspirasi untuk bikin artikel ini, Cara Menghubungkan Laptop ke Internet menggunakan HP

Sebenarnya ada cara lain seperti tethring menggunakan Wifi tapi kan tidak semua komputer ada perangkat WiFi adapter, atau menggunakan Bluetooth. Tapi hari gini pakai Bluetooth selain ribet juga sepertinya sudah  tidak populer karena kecepatan transfer data lambat. Jadi ingat jaman dulu waktu internet dari operator GSM masih pakai tarif satu Rupiah per kilobite dan HP yang paling canggih baru ada bluetooth. Waktu itu nokia 3650 yang dibanderol harga sekitar 3jt terpaksa dikorbankan supaya komputer bisa terhubung ke internet, sampai batre kembung. Waktu itu kecepatan  internet juga belum seperti sekarang, untuk download sebuah lagu format mp3 dengan volume 5MB saja harus nunggu seperempat jam. xixi..

Tidak perlu banyak cerita tentang betapa lemotnya internet pada masa lalu. Jaman sudah berganti dan teknologi juga terus berkembang, jadi kalau sampai ada komputer atau Laptop yang gak pernah terhubung ke internet itu sepertinya sebuah tragedi untuk manusia jaman now. ahaha.. Karena itu ane mau kasih toturial USB tethring atau bisa juga disebut Cara Menghubungkan Laptop ke Internet menggunakan HP Android. Kalli ini ana pakai HP Asus dan komputer desktop dengan Windows 7 sebagai contoh. Tutorial ini gak bakal panjang karena saking gampangnya :
  1. Nyalakan komputer dan HP
  2. Hubungkan HP dan komputer menggunakan kabel data
  3. Pastikan Paket Data internet di HP aktif 
  4. Masuk ke Setting - More - Tethring And Portable Hotspot
  5. Atifkan USB tethring. Selesai

Coba cek apakah komputer sudah bisa pakai untuk browsing. Mestinya kalau HP sudah terhubung ke internet, kabel USB normal dan semunya normal termasuk muka pemakai, komputer atau Laptop sudah bisa untuk googling atau fesbukan dan juga download file dari internet.

Untuk setiap merek dan model HP mungkin beda-beda tampilannya, tapi pada dasarnya sama saja, hanya memasang kabel kemnudian mengaktifkan fitur USB tethring. Singkat sekali kan?

Meskipun cuma pemdek, semoga tutorial yang ane kasih bisa sukses sehingga bermanfaat dan memudahkan pekerjaan juga bisa mempermudah proses donlut file update game untuk para pemburu file PKG gratis. Jadi bisa singkat, sedot langsung tancep ke PS3 perlu muter muter muter. wkwk..

close